Video of the Day

Jumat, 24 Januari 2020

Cara Mudah Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001

Langkah Mudah Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001



Argus Blog - Sistem manajemen mutu ISO 9001 adalah sebuah standar yang telah diakui secara internasional. Sistem manajemen mutu ini juga menjadi tolak ukur secara global yang sudah terbit lebih dari sejuta di seluruh dunia.

Dengan menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 ini organisasi dan perusahaan dapat menjamin kesesuaian dari suatu produk dan proses terhadap kebutuhan dan persyaratan tertentu. Dengan adanya kesesuaian yang sudah ditetapkan ini sangat penting bagi perusahaan dan organisasi. Bagi perusahaan dan organisasi yang menerapkan dan mengimplementasikan sistem ini dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dan konsumennya melalui pemenuhan persyaratan, kebutuhan dan produk yang telah ditentukan oleh organisasi maupun pelanggan.

Tentunya ada banyak sekali manfaat bagi perusahaan dan organisasi apabila menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 yang diantaranya adalah dapat menambah kepercayaan para pelanggan, menjamin kualitas produk dan proses, produktivitas perusahaan akan meningkat, moral kinerja dan motivasi karyawan akan meningkat, dapat menjadi alat untuk menganalisa kompetitor, hubungan dengan pemasok dapat saling menguntungkan dan meningkat, dapat meningkatkan efisiensi biaya dan keamanan produk, komunikasi internal di organisasi akan meningkat, image perusahaan akan bertambah baik, menjadi media pelatihan dan pendidikan, dan terakhir adalah sistem terdokumentasi dengan baik. 
Baca Juga : Manfaat Sertifikasi ISO 9001

Ada beberapa tahapan dan proses didalam mendapatkan sertifikasi ISO 9001 ini diantaranya adalah perusahaan harus melakukan beberapa tahap sebagai berikut :

Tahap Pertama adalah Persiapan

Apabila organisasi anda belum memahami apa itu ISO 9001 saran kami sebaiknya mengikuti pelatihan ISO 9001, namun bila sudah memahami biasanya lembaga/badan sertifikasi ISO akan menginformasikan syarat – syarat yang harus disiapkan oleh perusahaan.

Tahap Kedua adalah Aplikasi

Ditahap ini biasanya lembaga sertifikasi atau badan sertifikasi iso akan mengirimkan seorang lead auditor, bertugas untuk menganalisa manajemen organisasi dan sistem di perusahaan. Tetapi banyak juga organisasi dan perusahaan yang memilih melaksanakan pre assessment. Ini bukanlah suatu keharusan akan tetapi pilihan, dengan melaksanakan pre assessment organisasi dan perusahaan dapat melakukan tinjauan mengenai tentang kondisi terbaru dari organisasi sehingga dapat menemukan bagian mana yang perlu dilakukan tindakan perbaikan.

Tahap Ketiga adalah Stage 1 (Initial Assessment)

Ditahap ini organisasi maupun perusahaan akan mendapat laporan dari lead auditor atau lead asesor apakah ada masalah yang harus dilakukan tindakan perbaikan. Hal ini diperlukan supaya manajemen mutu yang diterapkan di organisasi dan perusahaan telah memenuhi persyaratan assessment.

Tahap Keempat adalah Stage 2 (Initial Asessment)

Pada tahap keempat ini lead auditor atau lead asesor memberikan informasi tentang syarat – syarat yang harus dipenuhi perusahaan mengenai rekomendasi sertifikasi.

Tahap Kelima adalah Registrasi dan Sertifikasi

Ditahap kelima ini perusahaan akan mendapat rekomendasi dari lead auditor, registrasi atau pendaftaran akan ditinjau apakah layak untuk disetujui atau tidak. Apabila sesuai dengan persyaratan maka sertifikat ISO 9001 akan dikeluarkan dan diberikan ke perusahaan.

Tahap Keenam adalah Assessment Lanjutan

Pada tahap ini perusahaan sudah memiliki sertifikat ISO 9001, Lead Auditor akan terus mendampingi perusahaan serta memberikan laporan setiap tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk memastikan perusahaan tetap menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001. 

Sumber :


muhammad tesar

Author & Editor

Hanya Manusia biasa pada umumnya.



0 comments:

Posting Komentar

Social Time

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe to our newsletter

(Get fresh updates in your inbox. Unsubscribe at anytime)