Video of the Day

Kamis, 18 Oktober 2018

Jasa Sertifikasi ISO

Jasa Sertifikasi ISO

Apabila kita mencari informasi mengenai Jasa Sertifikasi ISO tentu sangat mudah kita menemukannya di internet. Tujuan hadirnya jasa sertifikasi iso di tengah kita ialah memberikan bantuan ke perusahaan dan organisasi dalam mendapatkan sertifikat ISO. Sertifikat ISO ada berbagai macam yaitu Sertifikasi ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu, Sertifikasi ISO 14001 untuk sistem manajemen lingkungan, Sertifikasi OHSAS atau ISO 45001 untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, ISO 27001, ISO 22000, HACCP, ISO 22000 dan masih banyak lagi macamnya. Hadirnya Jasa sertifikasi iso saat ini selain bertujuan membantu organisasi di dalam pembuatan dokumen persyaratan dan implementasi sistem juga akan memberikan pelatihan serta bimbingan di dalam pembuatan instruksi kerja (IK) dan standar operating procedure (SOP). Kehadiran jasa sertifikasi ISO tentunya akan menawarkan kebutuhan yang berbeda beda, disesuaikan dengan kebutuhan klien, ada klien yang membutuhkan sertifikat iso dengan cepat.

Apa yang dimaksud dengan Sertifikat ISO
Sertifikat ISO merupakan sebuah standar internasional dan lebih dikenal dengan singkatan ISO. Sebagai salah satu standar internasional di dalam mengukur satu mutu di perusahaan, ISO mempunyai peran penting di dalam mengukur suatu kredibilitas perusahaan yang mau bersaing secara global dan salah satu cara untuk dapat meningkatkan sistem manajemen di perusahaan.

Cara Mendapatkan Sertifikat ISO
Namun saat ini masih ada saja organisasi yang belum memahami dan membedakan antara konsultan ISO dan Badan Sertifikasi ISO. Berikut kami jelaskan sedikit cara mendapatkan sertifikat ISO.
Di dalam mendapatkan sertifikat ISO tidak sesulit dari apa yang kita bayangkan selama ini, untuk mendapatkannya tentu ada cara yang harus di jalani dan dilaksanakan serta ketentuan – ketentuannya harus dipenuhi seperti menerapkan sistem manajemen mutu serta harus ada prosedur yang telah di tetapkan ketentuannya oleh standar ISO. beberapa prosedur yang harus di jalani agar perusahaan bisa mendapatkan sertifikat ISO, diantaranya adalah harus ada pedoman mutu, kebijakan mutu, sasaran mutu, 6 prosedur wajib, SOP, IK serta form lainnya. Di saat melaksanakan dan menerapkan prosedur tentu kita mebutuhkan peran dan bantuan dari seorang konsultan ISO. Tugas dari konsultan ISO adalah membantu organisasi dan perusahaan dalam melaksanakan prosedur dengan baik sehingga dapat di audit oleh badan sertifikasi ISO serta mendapatkan pernyataan lulus serta meraih sertifikat ISO.

Baca Juga : Jasa Konsultan ISO

Yang Mengeluarkan Sertifikat ISO
Badan Sertifikasi ISO atau lembaga Sertifikasi ISO mempunyai kewenangan mengeluarkan dan menerbitkan sertifikat ISO. Jumlah Badan sertifikasi iso di indonesia saat ini sangat banyak dan beragam. Mereka mempunyai kompetensi dalam menilai sebuah perusahaan layak atau tidak mendapatkan sertifikat ISO.

Lamanya Proses Audit Sertifikat ISO
Proses audit berlangsung sesuai dengan ruang ringkup perusahaan dan bidang usaha perusahaan. Di dalam proses audit akan dilaksanakan dalam 2 stage.
Stage 1 dilakukannya pemeriksaan pemenuhan persyaratan dokumentasi.
Stage 2 dilakukannya pemeriksaan pemenuhan persyaratan implementasi secara keseluruhan.

Standar Kelulusan Audit Sertifikasi ISO
Apabila tidak ditemukannya temuan yang bersifat fatal (majour) maka sudah dapat di pastikan perusahan atau oganisasi anda dapat dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat ISO namun apabila sebaliknya maka perusahaan anda tidak lulus. Lalu apa yang dimaksud dengan temuan yang bersifat fatal (majour). Temuan majour ialah saat audit berlangsung dan auditor menemukan satu sistem yang tidak berjalan atau ada satu persyaratan iso yang tidak dijalankan tanpa alasan. Selain itu ada juga temuan yang dikenal dengan temuan minor dan observasi. Temuan minor bisa terjadi apabila perusahaan tidak konsisten di dalam menjalankan sistem atau hanya sebagian persyaratan yang diterapkan dari yang seharusnya. Adapun temuan observasi yaitu hanya saran perbaikan yang harus di laksanakan. Temuan minor dan observasi ini bukanlah penyebab kegagalan akan tetapi hanya perlu melakukan pebaikan kecil saja.

Selain dari temuan majour adalagi temuan yang biasa di kenal dengan temuan minor dan observasi. Temuan minor yaitu apabila perusahaan tidak konsisten dalam menjalankan satu sistem atau hanya menerapkan sebagian dari persyaratan dari semestinya. Temuan Observasi yaitu bersifat saran – saran perbaikan dalam implementasi sistem manajemen ISO. Temuan minor dan observasi bukan salah satu faktor dalam mendapatkan sertifikat ISO namun hanya memerlukan perbaikan kecil.

Berapa Lama Sertifikat Bisa Diterima setelah di nyatakan Lulu
Perusahaan yang di temukan temuan minor dan observasi diwajibkan untuk melaksanakan perbaikan yang disampaikan oleh auditor sebelum proses pencetakan sertifikat. Setiap badan sertifikasi mempunyai waktu yang berbeda dalam menerbitkan sertifikat ISO ada yang butuh waktu selama 2 minggu dan ada yang 1 bulan. Ada pula badan sertifikasi iso yang menginduk keluar negeri tentu akan memakan waktu yang lebih lama lagi.

Masa Berlaku Sertifikat ISO
Sertifikat ISO berlaku selama 3 tahun, setelah 3 tahun maka perusahaan akan di audit kembali atau re-sertifikasi. Dalam kurun waktu 3 tahun tersebut perusahaan akan diaudit dalam waktu tertentu ada yang 6 bulan sekali di audit dan ada yang 1 tahun sekali, biasa di sebut surveilance audit atau audit berkala.

Biaya Sertifikat ISO
Biaya sertifikasi sangat beragam dan bervariasi, biasanya badan sertifikasi akan melihat bidang usaha dan besarnya organisasi. Biaya utama yang dikeluarkan adalah biaya audit sertifikasi di awal audit dan biaya surveilance. Mendapatkan sertifikat ISO sebetulnya mudah dan tidak sesulit dari apa yang dibayangkan, hanya butuh komitmen dari organisasi di dalam penerapan standar ISO.

Sumber :
http://kualitasinergi.com/jasa-sertifikasi-iso
https://www.iso.org/certification.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Internasional_untuk_Standardisasi



muhammad tesar

Author & Editor

Hanya Manusia biasa pada umumnya.



0 comments:

Posting Komentar

Social Time

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe to our newsletter

(Get fresh updates in your inbox. Unsubscribe at anytime)